Biografi Habib Ali Zainal Abidin Assegaf Az Zahir

Habib Ali Zainal Abidin adalah Salah satu ulama yang belakangan ini menjadi pusat perhatian di tanah air adalah Habib Ali Zainal Abidin, yang lebih dikenal dengan sebutan Habib Bidin.

Beliau dikenal di seluruh nusantara dan keberhasilannya dalam memimpin majelis shalawat yang dipimpinnya yang disebut majelis Az-Zahir. Keberadaannya dalam majelis shalawat semakin terkenal ketika melantunkan sholawat yang merdu dengan iringan majelis Az Zahir. Hal ini penting karena sebelumnya lirik "Joko Tingkir" sering kali dianggap melecehkan dan merendahkan, padahal sebenarnya Joko Tingkir adalah seorang raja, ulama, dan waliyullah pada zamannya.

"Bukan hanya itu, suara khas Habib Bidin beliau yang menyerupai suara Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf ternyata dapat meningkatkan semangat jama'ah dalam melantunkan shalawat."

Berikut ini beritane sholawat akan merangkum profil dan biografi Habib Ali Zainal Abidin Assegaf.


Profil Lengkap Habib Ali Zainal Abidin Assegaf (Habib Bidin)


Baca juga : Lirik Ya Thoir Win Imrowwaha Az Zahir

Nasab Habib Ali Zainal Abidin

Habib Ali Zainal Abidin Assegaf adalah keturunan dari keluarga Assegaf di Gresik. Silsilahnya adalah sebagai berikut. ia adalah anak dari Segaf, yang merupakan anak dari Al-Quthb Habib Abu Bakar Assegaf. Abu Bakar adalah anak dari Muhammad, yang merupakan anak dari Umar, yang merupakan anak dari Abu Bakar. Abu Bakar adalah cucu Imam Wadi Al-Ahqaf, dan Umar adalah cucu dari Segaf, yang juga adalah cucu dari Muhammad. Thoha adalah anak dari Umar Ash-Shofi, dan Thoha adalah cucu dari Abdurrahman. Abdurrahman adalah anak dari Muhammad, yang merupakan anak dari Ali, yang juga adalah cucu dari Abdurrahman Assegaf. Muhammad Mauladdawilah adalah anak dari Ali, yang merupakan anak dari Alwi Al-Ghuyur. Alwi adalah anak dari Muhammad Al-Faqih Muqoddam, yang merupakan anak dari Ali, yang merupakan anak dari Muhammad Shahib Mirbath. Muhammad Kholiq Qhasam adalah anak dari Ali, yang merupakan anak dari Muhammad, yang merupakan anak dari Alwi. Alwi adalah cucu dari Ubaidillah, yang merupakan anak dari Ahmad Al-Muhajir, dan Ahmad adalah cucu dari Isa. Isa adalah anak dari Muhammad An-Naqib, yang merupakan anak dari Ali Al-'uraiddi. Ali Al-'uraiddi adalah anak dari Ja'far As-Shodiq, yang merupakan anak dari Muhammad Al-Baqir. Muhammad Al-Baqir adalah anak dari Ali Zaenal Abidin, yang merupakan anak dari Husein, yang merupakan anak dari Ali, yang merupakan anak dari Abu Thalib, yang merupakan suami dari Fatimah Az-Zahra, putri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam.


Biografi Habib Ali Zainal Abidin


Nama asli: Ali Zaenal Abidin Al Hamid
Gelar: Lc, Magister, Dr
Tempat, tanggal lahir: Bondowoso, 12 April 1974
Agama: Islam
Nama ayah: Abu Bakar Al Hamid
Nasab: Ali Zaenal Abidin bin Abu Bakar bin Salim bin Hadi bin Salim Al Hamid bin Syekh Abu Bakar

Habib Ali Zainal Abidin, atau yang biasa disapa Habib Bidin merupakan anak ke-2 dari enam bersaudara, empat laki-laki dan dua perempuan, beliau lahir pada tanggal 20 September 1977. Beliau merupakan salah satu ulama terkenal di daerah Pekalongan dan juga merupakan menantu dari Habibana Habib Lutfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya, yang lebih dikenal dengan panggilan Habib Lutfi. Habib Bidin memiliki garis keturunan yang mulia, mencapai hingga kepada Rasulullah S.A.W, 

Ayah dari Habib Bidin adalah Habib Segaf Assegaf, yang dikenal sebagai tokoh yang sangat berjasa dalam mengembangkan seni gambus di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Habib Bidin ketika Kyai Nanal Ainal Fauz berkunjung kepadanya. Ayah Habib Bidin juga terkenal dengan kebaktiannya. Setiap kali Habib Bidin selesai tampil memainkan gambus, honor yang diterimanya langsung digunakan oleh ayahnya untuk membeli kitab. bahkan salah satu kakeknya, yaitu Habib Abu Bakar Assegaf, adalah seorang wali Quthub.


Post a Comment

Previous Post Next Post