Bacaan Takbiran Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

Teks Bacaan Takbiran Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan



Beritane Sholawat - Dalam tulisan berikut, kami akan berbagi informasi mengenai Bacaan Takbiran Lebaran Idul Fitri, termasuk penulisan dalam bahasa Arab-Latin dan terjemahannya.


Takbiran pada saat perayaan Idul Fitri merupakan sebuah praktik yang telah menjadi tradisi umat Muslim di Indonesia. Pada malam takbiran menjelang hari raya Idul Fitri, umat Muslim berkumpul bersama untuk mengumandangkan takbir.


Pengumuman takbir ini melibatkan pengucapan takbir berulang kali secara bersama-sama di masjid, mushalla, atau di jalanan. Umumnya, takbiran dimulai setelah salat Maghrib dan berlangsung hingga sekitar tengah malam.


Takbiran memiliki tujuan yang mendalam, yaitu untuk lebih banyak berdzikir kepada Allah dan merayakan hari raya Idul Fitri dengan rasa syukur dan kebahagiaan yang mendalam. Selain itu, takbiran juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan silaturahmi antara sesama umat Muslim.


Di Indonesia, takbiran saat perayaan Idul Fitri sering disertai dengan hiasan lampu di jalan-jalan dan pertunjukan kembang api sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas berakhirnya bulan Ramadan dan kedatangan hari raya Idul Fitri.


Takbiran juga merupakan waktu yang tepat untuk mengingatkan umat Muslim agar selalu memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah serta menjaga persaudaraan sesama Muslim, yang dikenal dengan istilah ukhuwah islamiyah.


Perlu dicatat bahwa takbiran tidak hanya terjadi menjelang Idul Fitri, melainkan juga pada malam takbiran menjelang Idul Adha dan dalam berbagai perayaan hari raya Islam lainnya.


Berikut Ini Bacaan Takbir Lengkap Versi Panjang dan Pendek

1. Bacaan Takbir Lengkap


 اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الِلّٰهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الاَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ  

Latin : Allahu akbar kabira, walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa ashila, la ilaha illallahu wa la na'budu illa iyyahu mukhlishina lahud dana wa law karihal kafirun, la ilaha illallahu wahdah, shadaqa wa'dah, wa nashara 'abdah, wa hazamal ahzaba wahdah, la ilaha illallahu wallahu akbar.


2. Bacaan Takbir Pada Umumnya

Tidak ada masalah dengan lafal takbir yang umumnya dibacakan oleh masyarakat. Berikut ini bacaan nya.

  اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ    

Latin : Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. La ilaha illallahu wallahu akbar. Allahu akbar wa lillahil hamdu. 

Artinya: "Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar. Segala puji bagi-Nya."


Post a Comment

Previous Post Next Post